Wawancara dengan O-sensei Morihei Ueshiba: "The Great Giant Aikido" (1958)


Banyak majalah seni bela diri datang dan pergi selama bertahun-tahun. Beberapa dari mereka mengandung artikel yang sangat layak dengan maksut  melestarikan. Berikut adalah kutipan dari wawancara dengan Osensei Morihei Ueshiba pendiri beladiri AIKIDO.

"Di masa lalu, seni bela diri yang digunakan dengan cara yang menyedihkan, terutama selama Era Jepang dari Negara Perang ketika mereka digunakan untuk menguntungkan kepentingan pribadi . Saya sendiri mengajar seni bela diri untuk tentara selama perang, memerintahkan mereka untuk membunuh atau melukai orang. Setelah perang, saya menjadi sangat menderita tentang hal itu. Tapi tujuh tahun lalu [1951], saya mulai mengerti cara nyata aiki. "


"
Langit dan bumi yang lengkap, namun umat manusia goyah dan ragu-ragu. Tujuan manusia adalah untuk mengatur hal-hal lurus, dan saya mulai memandang aikido sebagai sebuah ekspresi cinta dan harmoni. Sejak itu saya telah mempelajari aikido untuk kepentingan semua orang. Semangat aikido adalah harmoni untuk memastikan, tetapi lebih merupakan princple alam, langit dan bumi. Ini adalah seni bela diri yang berasal dari semua fenomena kosmos, melebihi seni bela diri "

 Free PDF download dari Aikido Jurnal

0 Comment for "Wawancara dengan O-sensei Morihei Ueshiba: "The Great Giant Aikido" (1958)"

Back To Top